Translation

Kamis, 05 September 2019

Militansi Mahasiswa JPE dalam Revolusi Industri: Sikap Apakah yang Harus Dijunjung Tinggi?

     Pengaruh yang tiada habisnya dari Revolusi Industri membuat pemerintah kewalahan dalam mempertahankan jiwa-jiwa muda untuk melestarikan nilai leluhur. Masyarakat mulai mengelu-elukan budaya barat, merasa kewalahan dalam melawan kemalasan, dan sebagainya. Bagaimana nasib bangsa apabila mereka tidak mau meninggalkan kebiasaan buruknya? Padahal, masa depan bangsa sudah ada di tangan mereka, terutama para mahasiswa. Maka dari itu, kita harus menjunjung tinggi sikap-sikap sebagai berikut:

1. Produktif
    Tidak hanya untuk orang kantoran, jiwa produktif harus dimiliki sejak dini. Mahasiswa yang hanya pulang setelah mata kuliah dan mahasiswa yang memenuhi jadwalnya dengan kegiatan sosial dan organisasi akan terlihat bedanya
2. Religius
    Sikap religius ini diperlukan tidak hanya bukti kita percaya kepada Tuhan, namun juga tentang sikap yang baik terhadap sesama.
3. Inovatif
    Mahasiswa yang hanya menjiplak dan tidak mau berpikir unik? Jangan harap untuk dapat berpartisipasi dalam kemajuan bangsa. Negara Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan beranekaragaman budaya, pastinya sangat kompleks dalam perkembangannya di masa mendatang, sehingga untuk mengajar murid di zaman sekarang dan masa depan akan sangat berbeda. Maka dari itu, jiwa inovatif sangat diperlukan.
4. Demokratif
   Mahasiswa yang berpengetahuan tanpa mencintai bangsanya sendiri? Sama saja sia-sia. Demokratif juga diperlukan untuk mempertahankan identitas bangsa.
5. Etika
    Sebagai calon pemimpin masa depan bangsa, etika juga diperlukan agar masyarakat yang kita perintahkan lebih segan

Maka dari itu, kita sebagai mahasiswa wajib menjunjung tinggi sikap-sikap tersebut demi mengedepankan  masa depan bangsa.


Terima kasih, dan

Hidup mahasiswa!
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar