Translation

Selasa, 13 Agustus 2019

Toleransi: Hal Sepele yang Sering Diabaikan.

Apa itu toleransi? Mungkin kata toleransi sering terdengar di telinga kita, namun kita tidak benar-benar memahami makna dari kata tersebut. Toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok di dalam masyarakat meskipun memiliki latar belakang yang berbeda. 

Di PKKMB Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya tahun 2019 kali ini saya bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah dan berbagai latar belakang. Saya melihat teman-teman saya yang cukup unik, membuat saya berantusias untuk mengenal orang-orang baru. Kadang dengan hal-hal yang baru saya temui dari teman saya membuat saya merasa "tidak biasa" dengan sikap mereka. Ada teman saya yang berbahasa Jawa lebih halus daripada saya sehingga saya kurang mengerti apa yang dia katakan, ada teman saya yang berbicara sangat cepat sehingga saya kesulitan memahami perkataannya, ada yang bersikap sangat dewasa yang membuat saya mempertanyakan usianya. Namun saya sadar bahwa saat itulah toleransi diperlukan. Saya mencoba menghargai teman saya yang berbahasa Jawa dengan menanyakan arti katanya, saya berusaha memahami perkataan teman saya yang cepat tanpa bertanya untuk mengulangi perkataannya, dan lain-lain.

Saat itu saya merasakan betapa indahnya toleransi, yang akan lebih indah lagi apabila hal tersebut terjadi di seluruh masyarakat negeri ini. Saya berharap, tumbuhnya toleransi akan terus menyatukan kita semua.

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar